Feb 24, 2014

Ga semua dongeng patut diceritakan ke anak cucu

Long time no blog nih.. maklum kemaren2 sibuk memperbaiki diri wkwkwkk.. btw sekarang gw tinggal di singapore loh (nyombong dikit,,) tp bukan itu sih yg mo dibahas skrg,,
jadi ceritanya gini weekend kemaren dulu banget krn tiba2 aj singapore panas bgt jdnya gw maen aj dirumah temen gw sambil ngadem, krn ga ada kerjaan, akhirnya jadi nonton salah satu film indonesia judulnya perahu kertas,, yah ceritanya seputaran cinta2 abg macem di FTV yg ga penting gtu sih.. jalan ceritanya ketebak, tp bukan itu jg sih yg sbenernya mo dibahas.. oke2 to the point aj,,
jadi dicerita film itu ada 1 adegan yg gw higlight, jadi sipemeran utama cw dicerita itu lagi sidang skirpi yg kira2 temanya mengangkat ttg dampak dongeng indonesia yg bisa mengembangkan karakter seorang anak.. klo aj saat sidang gw ada disitu, abis tuh cw gw bantai skripsinya.. menurut gw dongeng indonesia itu ada beberapa yang kurang pantas dikonsumsi untuk anak2, kenapa? Karena banyak dongeng indonesia yg berkisah vulgar yg lebih layak dikonsumsi oleh orang dewasa.. ga percaya?? butuh contoh??

Contoh satu:
dongeng tangkuban perahu.. kira2 kisahnya sangkuriang sang karakter utama pria jatuh cinta sm wanita yg ternyata adalah nyokapnya.. krn nih nyokap tau yg dipacarin anaknya, mulailah si nyokap nyari segala cara utk memberatkan sianak menimang nyokapnya sendiri, nah minta lah doi dibuatin kapal dan danau.. pokoknya ceritanya berakhir tragis deh..
nah sebenernya ini kisah cinta tante2 girang late forty dan abg nakal yg doyan emak2 dibungkus secara apik menjadi sebuah kisah dongeng.. moral of the storynya adalah: 

                                        
1. mbok ya klo ud tuwir jadi emak2 sadar diri, masa iya masi ikut2 arisan ibu2 jetset memperebutkan abg, klo ternyata si abg nya anak sendiri malu bgt kan..
2. buat lo yg masi abg, klo dianugrahkan dengan muka yg ganteng dan oke, jgn pernah nyari duid dengan cara shortcut macem gini deh, lo masi muda, idup lo masi panjang, mending lo kuliah yg bener, cari kerja yg bener dah, lebih terhormat keliatannya

Contoh dua:
dongeng loro jonggrang dan candi sewu.. kira2 kisahnya si bandung bondowoso sang karakter utama pria yg sakti mandraguna mencintai loro jonggrang, sayangnya si loro jongrang ga mau ama sibandung alesannya sih krn babenya si loro ini dibunuh sibandung, tp mah menurut gw sih itu cm alesan aj, jadinya mulai deh nyari2 alesan supaya batal kawin dengan minta dibangun sumur ama candi..
nah kisah sebenernya adalah kisah cinta sicowo tajir berat dan cw perfeksionis yg suka pilih2, moral of the storyn ya adalah:


1. cw mah yah klo ud ga mau mah jgn dipaksa, mo dibikinin candi jg klo ga mau ya emang ga mau.. tar malah dibilang annoying lg wkwkwkk..
2. gw agak bingung ama cwnya, klo sicowo ud bisa bangun ampe 1000 candi tetep ga mao, trus nyari tipe yg begimana lagi?? jd org ga usah terlalu perfeksionis lah, ketuaan ga laku loh..
3. mungkin sih sbenernya yah si cowo ini over estimate aj, krn nih cowo berasa tajir dan sakti jd ampe bangun candi buat memikat sang wanita, tp sapa tau si cw ini cuma minta coklat aj, dikasi coklat aj sebenernya gw ud seneng kok, ngapain dibangunin candi ga kepake, ga bs dimakan.. sygnya si cw entah gagu ato gengsi ga pernah mau ngomong maunya apa.. intinya sih cm komunikasi aja sih

Contoh tiga:
dongeng jaka tarub dan 7 bidadari,, jadi kisahnya si jaka ini lagi jalan2 dihutan trs ud gitu ketemu telaga yang disitu lagi ada 7 bidadari lg mandi.. nah sijaka tarub trs langsung ngambil selendang salah satu bidadari tsb, supaya sibidadari ga bisa terbang kelangit dan akhirnya dinikahkan. Nah krn doi bidadari pastinya punya elmu donk, kyk masak nasi cuma dari sebutir padi, tp lg2 yang namanya ilmu, pasti ada term & conditionnya, sijak tarub nih ga bole liat nasinya dimasak, dasar nih org bandel akhirnya dilanggar juga.. akhirnya ilang dah ilmunya,, dan setelah itu sibidadari tau klo selendangnya doi disembunyiin sijaka tarub, trs doi kabur deh kelangit..
nah kisah sebenarnya ga jauh beda ama dongeng sibandung bondowoso, cuman yg ini adalah cowo pervert yg napsu ama cw cantik dan melakukan segala cara buat dapetin si cw.. moral of the storynya:


1. Jadi cowo mah jgn pervert2 amat lah, napsu bole tapi jgn melakukan segala cara gitu lah, cintakan ga bisa dipaksakan.. bayangin aj cw lagi mandi diintip trus bajunya diembat.. klo disingapore ada cowo pervert kyk gini yah paling ngga hukum cambuk ato klo foreigner dicambuk trus employment pass nya dicancel dan di-ban dari singapore
2. jadi ortu jg kudu tanggung jawab, klo ud punya anak jgn maen cerai aj pikirin anaknya lah.. kyk kisah si bidadari ini, begitu selendangnya ketemu langsung kabur trs maen ninggalin anaknya gitu, anak ga keurus pergaulan jadi ga kekontrol jadi nakal dan binal wkwkwkwkk..
3. Sama kaya kisah cinta si bandung dan loro, memang lagi2 cinta tak bisa dipaksakan, klo emang ud ga mao mah mending bilang diawal, jadi ga sama2 repot, kesian pihak2 yang dirugikan..

Nah kira2 itu lah beberapa sekelumit kisah dongeng di Indonesia, so lo masi mau menceritakan dongeng2 indonesia ke anak lo yg masi kecil?? pembentukan karakter melalui dongeng kyk diatas?? think twice..

Thank to: 
http://www.eswete.com
http://perkasamandiri2.wordpress.com
http://bumisholawat.blogspot.sg
For the Pic.

No comments:

Post a Comment