Jul 19, 2017

Super Villain

Dikarenakan akhir akhir ini lebih digandrungin penjahat daripada jagoan, maka sekarang gw mencoba menelaah yang menurut gw jadi best villain, terutama kalo musuhnya lebih hebat dari jagoannya. hmmm.. Loki?? nope, dia ga hebat sih menurut gw biasa aj sebenernya.. Ada beberapa Super Villain yang menurut gw patut diacungkan jempol antara lain:

1. Lex Luthor
Lex Luthor

Does Lex Luthor have special power?? Nope,, basically physical capability nya sama aj kayak orang biasa yang punya limitation but he has genius level of intelegent. Lo ga perlu punya kekuatan super untuk menguasai dunia, asal otak cerdas then everything will be yours. Bahkan Superman aj kewalahan menghadapi akal bulusnya, dan dia adalah salah satu orang yang tau kelemahan Superman. Wise man told api ga bisa dilawan sama api, so kekuatan ga perlu dilawan dengan kekuatan juga. If you have a highest  level of intelligence you know how to deal with super power alien.


2. Elijah Price
Elijah Price
Pernah nonton Unbreakable?? Itu loh yang jagoannya si Bruce Willis nah ini si Samuel L Jackson jadi Elijah Price yang juga jadi musuhnya si Bruce Willis ini. Apa sih kehebatannya? ga ada, bukannya hebat doi malah cacat. Jadi background ceritanya adalah, si Elijah ini punya penyakit langka yang membuat dirinya bener2 vulnerable sampe dijulukin Mr. Glass. Nah si Elijah ini punya teori klo ada orang selemah dia maka akan ada orang yang kuat yang jadi kebalikannya. Trus doi penasaran donk,, akhirnya dia buat teror berantai dengan sengaja membuat beberapa kecelakaan besar untuk mencari orang yang kira2 selamat karena kekuatannya. Apa yang bikin dia hebat?? where there's a will there's a way.. bahkan orang sangat lemah aj bisa jadi musuh yang paling ditakutin klo orang itu punya obsesi yang besar.. Dan obsesi besar ga akan terealisasi klo ga dibarengin rencana matang.. perfect!!

3. Green Goblin 
Green Goblin
Ini Green Goblin yang bapaknya yah bukan anaknya, yang anaknya mah lame,, Kenapa green goblin jadi salah satu best villain? karena dia kaya, cerdas, punya perusahaan gede, dan ambisius.. Walaupun lawannya cuma anak kecil yang ga sengaja kegigit laba2 cuma niatnya untuk menguasai dunia patut diacungkan jempol. Masi kurang?? if you think Tony Stark is great, then Tony stark with evil plan is totally awesome..





4. Renard/Victor Zokas
One of the most dangerous Bond villains.. satu point yg bikin gw memilih dia as super villain, walaupun pada akhirnya sih kalah juga sama James Bond, he has no sense and virtually invulnerable karena dikepalanya bersarang peluru yang ditembakkan salah satu agen MI6. What made him so special? of course his virtually invulnerable sense and immune to pain what made him great. Dari efek samping peluru yang bersarang dikepalanya itu juga yang membuat dia hilang feeling dan membuatnya menjadi penjahat seutuhnya.. no feeling will makes you stronger..














May 25, 2014

Raja Ampat


Landed at Dominique Equardo Osoq airport was initiated my 8 days journey to Raja Ampat. Once we arrived at airport, Grand Komodo staff had been waiting us to pick up us to Sorong harbour terminal to continue our journey to Raja Ampat islands. The boat was started to sail around 10AM to matan reef and they has provided us lunch at boat. After had a lunch we started to unpack our gear and wore it for our first dive. Our first dive was took 55 minutes with average depth around 24 meters. We found some pigmys and nudies. 


After first dive, we continued our journey to misol which has took 14 hours sail, but beautiful scenery has been accompanied us  during the trip.




On Sunday morning we reached Missol and we started morning with dive at Boo Rock dive spot and second dive we dived at Nudie Rock and third dive at Tank Rock. On next day we dived 3 times and on third dive at Faronde we found Wobegong Shrak.


On the following days we dived at Fam, Arborek, and Manta Sandy. During our dive at Fam we also did trekking on the reef island which has been renown. Unfortunately we must cancel our trip to Waisai due to terrible weather.


And our last dive was held around Cape Kri.. In our last dive we found lots of schooling fish and gorgeous reef with good visibility which has made our last dive so memorable...

Below you can watch resume of my diving during at Raja Ampat. Hope you can enjoyy..




Feb 24, 2014

cause we are 90's

first watch this video.. then imagine..
http://www.youtube.com/watch?v=TZjRJeWfVtY 

Gw termasuk orang yang bangga menjadi bagian dari generasi yang merasakan perkembangan teknologi yg sangat cepat. Masih teringat diotak gw gimana susahnya cuma buat nonton film berkualitas dengan menyewa laser disc yang segede gaban itu or kepaksa muterin roll kaset pake pensil cuma buat dengerin lagu kesayangan..

Like the video said, we are living in exponential time.. Anak ABG jaman sekarang mungkin ga pernah tau ada alat berbentuk kotak segede sabun yg namanya pager gunanya cuma buat nyampein pesen searah, dan jaman itu anak abg yg punya pager ud paling gaul abis lah, berasa dunia berputar mengelilingi dia. Bahkan dari cerita yg gw denger Motorolla produsen pager paling yahud pada masanya yakin banget klo pager ini bakalan booming selama2nya. They put big effort to make this pager have a long life with less maintenance, but they forget that technology run so fast. Dan ga berapa lama pager pun ditinggalkan.

 Dan benda yang kedua yang ada diatas ini.. like they've said, our children will never know the link between cassette and pencil.. Dikarenakan gw dulu orangnya gawul abis dan selalu mengikuti trend maka dipastikan benda yang satu ini ga luput dari maenan gw sehari2.. makin banyak kaset yang lo punya, akan makin berasa gawul lah.. dan mungkin ga sampai 10 taun kemudian, benda diatas tergantikan oleh MP3 player or Ipod..

Dalam salah satu kuliah master gw, dosen gw pernah berbicara bahwa suatu produk memiliki yang namanya siklus dari awal penciptaan suatu produk, how they penetrate market dan sampai produk tersebut laku dipasaran. Ada satu point penting yang harus dipegang, yaitu innovation. Innovation harus ada dalam setiap penciptaan produk2 agar produk tersebut bukan saja laku dipasaran tapi juga bertahan lebih lama dipasaran yang which is hal ini lah yang menjadi tujuan utama para produsen produk.

Kita lihat contohnya Ipod, ini adalah suatu produk yang menurut gw memiliki suatu innovation which consider basic human nature. apa sih istimewanya Ipod? Toh pada saat diluncurkan ud banyak MP3 player dipasaran. tapi disini sang pencipta Ipod memiliki innovasi yang tidak dipikirkan oleh produsen MP3 lain. They made an Ipod like hard drive with huge capacity of data.. awalnya akan terdengar aneh, buat apa sih beli Ipod dengan kapasitas 20 GB? toh 1 lagu berbasis AAC aj paling gede cuma 5 MB, klo kita hitung secara average misal 1 lagu kisarannya 4 MB untuk memnuhi kapasitas 20.000 MB maka diperlukan kurang lebih 5000 lagu yang kisaran waktunya sekitar 3-5 menit perlagu. daam hal ini apabila kita memutar seluruh lagu makan akan memakan waktu 15.000 - 25.000 menit atau 10 - 18 hari baru seluruh lagu selesei. Yang jadi main problem apakah mungkin orang akan mendengarkan lagu 10 hari berturut2 tanpa melakukan hal lain atau melakukan hal lain sambil mendengarkan lagu tersebut selama 10 hari?

Disini lah sang produsen Ipod melihat sisi basic human nature dimana pada dasarnya manusia agak tamak dan insecure. Mereka berfikir dengan membeli satu Ipod kapasitas 20 GB maka mereka bisa membawa seluruh musik favorit mereka dalam saku tanpa berfikir kapan bisa didengarkan lagu tsb.begitu juga dengan Facebook, how come facebook can defeat friendster, while friendster in that time was controlled market? resepnya gampang, facebook benar2 down to earth. They made the profile of each person that describe in detail that person. Kebayang ga sih jaman skrg kebantu banget buat abg2 yang lagi mo nyari pacar. plus ditambahkan fitur yang bisa menampilkan foto2 narsis dan fitur chatting online. lengkap sudah senjata anak muda skrg dalam mengarungi bahtera kehidupan wkwkwk..

 Dan satu hal lagi, gw masi ga kebayang bikin Thesis ga pake Google?? yes our father did it.. tapi buat kita yg generasi 90an kita juga ngerasain kok gimana dulu masi bikin klipping atau baca koran buat bikin tugas. dan sekarang pun kita ngerasain gimana gampangnya mendapatkan informasi hanya dalam hitungan detik dari handphone lo,,

Tapi yah pada akhirnya semua kembali ke kita juga sih.. ada satu quote yang beberapa hari belakangan ini kepikiran sama gw..

Ask people on 70's, what if you can have one tool in your hand which can give you enormous information from all over the world within a second, what would you do?
And show to them how people on 2000's do with those tool, they use for facebook and twitting.



Ga semua dongeng patut diceritakan ke anak cucu

Long time no blog nih.. maklum kemaren2 sibuk memperbaiki diri wkwkwkk.. btw sekarang gw tinggal di singapore loh (nyombong dikit,,) tp bukan itu sih yg mo dibahas skrg,,
jadi ceritanya gini weekend kemaren dulu banget krn tiba2 aj singapore panas bgt jdnya gw maen aj dirumah temen gw sambil ngadem, krn ga ada kerjaan, akhirnya jadi nonton salah satu film indonesia judulnya perahu kertas,, yah ceritanya seputaran cinta2 abg macem di FTV yg ga penting gtu sih.. jalan ceritanya ketebak, tp bukan itu jg sih yg sbenernya mo dibahas.. oke2 to the point aj,,
jadi dicerita film itu ada 1 adegan yg gw higlight, jadi sipemeran utama cw dicerita itu lagi sidang skirpi yg kira2 temanya mengangkat ttg dampak dongeng indonesia yg bisa mengembangkan karakter seorang anak.. klo aj saat sidang gw ada disitu, abis tuh cw gw bantai skripsinya.. menurut gw dongeng indonesia itu ada beberapa yang kurang pantas dikonsumsi untuk anak2, kenapa? Karena banyak dongeng indonesia yg berkisah vulgar yg lebih layak dikonsumsi oleh orang dewasa.. ga percaya?? butuh contoh??

Contoh satu:
dongeng tangkuban perahu.. kira2 kisahnya sangkuriang sang karakter utama pria jatuh cinta sm wanita yg ternyata adalah nyokapnya.. krn nih nyokap tau yg dipacarin anaknya, mulailah si nyokap nyari segala cara utk memberatkan sianak menimang nyokapnya sendiri, nah minta lah doi dibuatin kapal dan danau.. pokoknya ceritanya berakhir tragis deh..
nah sebenernya ini kisah cinta tante2 girang late forty dan abg nakal yg doyan emak2 dibungkus secara apik menjadi sebuah kisah dongeng.. moral of the storynya adalah: 

                                        
1. mbok ya klo ud tuwir jadi emak2 sadar diri, masa iya masi ikut2 arisan ibu2 jetset memperebutkan abg, klo ternyata si abg nya anak sendiri malu bgt kan..
2. buat lo yg masi abg, klo dianugrahkan dengan muka yg ganteng dan oke, jgn pernah nyari duid dengan cara shortcut macem gini deh, lo masi muda, idup lo masi panjang, mending lo kuliah yg bener, cari kerja yg bener dah, lebih terhormat keliatannya

Contoh dua:
dongeng loro jonggrang dan candi sewu.. kira2 kisahnya si bandung bondowoso sang karakter utama pria yg sakti mandraguna mencintai loro jonggrang, sayangnya si loro jongrang ga mau ama sibandung alesannya sih krn babenya si loro ini dibunuh sibandung, tp mah menurut gw sih itu cm alesan aj, jadinya mulai deh nyari2 alesan supaya batal kawin dengan minta dibangun sumur ama candi..
nah kisah sebenernya adalah kisah cinta sicowo tajir berat dan cw perfeksionis yg suka pilih2, moral of the storyn ya adalah:


1. cw mah yah klo ud ga mau mah jgn dipaksa, mo dibikinin candi jg klo ga mau ya emang ga mau.. tar malah dibilang annoying lg wkwkwkk..
2. gw agak bingung ama cwnya, klo sicowo ud bisa bangun ampe 1000 candi tetep ga mao, trus nyari tipe yg begimana lagi?? jd org ga usah terlalu perfeksionis lah, ketuaan ga laku loh..
3. mungkin sih sbenernya yah si cowo ini over estimate aj, krn nih cowo berasa tajir dan sakti jd ampe bangun candi buat memikat sang wanita, tp sapa tau si cw ini cuma minta coklat aj, dikasi coklat aj sebenernya gw ud seneng kok, ngapain dibangunin candi ga kepake, ga bs dimakan.. sygnya si cw entah gagu ato gengsi ga pernah mau ngomong maunya apa.. intinya sih cm komunikasi aja sih

Contoh tiga:
dongeng jaka tarub dan 7 bidadari,, jadi kisahnya si jaka ini lagi jalan2 dihutan trs ud gitu ketemu telaga yang disitu lagi ada 7 bidadari lg mandi.. nah sijaka tarub trs langsung ngambil selendang salah satu bidadari tsb, supaya sibidadari ga bisa terbang kelangit dan akhirnya dinikahkan. Nah krn doi bidadari pastinya punya elmu donk, kyk masak nasi cuma dari sebutir padi, tp lg2 yang namanya ilmu, pasti ada term & conditionnya, sijak tarub nih ga bole liat nasinya dimasak, dasar nih org bandel akhirnya dilanggar juga.. akhirnya ilang dah ilmunya,, dan setelah itu sibidadari tau klo selendangnya doi disembunyiin sijaka tarub, trs doi kabur deh kelangit..
nah kisah sebenarnya ga jauh beda ama dongeng sibandung bondowoso, cuman yg ini adalah cowo pervert yg napsu ama cw cantik dan melakukan segala cara buat dapetin si cw.. moral of the storynya:


1. Jadi cowo mah jgn pervert2 amat lah, napsu bole tapi jgn melakukan segala cara gitu lah, cintakan ga bisa dipaksakan.. bayangin aj cw lagi mandi diintip trus bajunya diembat.. klo disingapore ada cowo pervert kyk gini yah paling ngga hukum cambuk ato klo foreigner dicambuk trus employment pass nya dicancel dan di-ban dari singapore
2. jadi ortu jg kudu tanggung jawab, klo ud punya anak jgn maen cerai aj pikirin anaknya lah.. kyk kisah si bidadari ini, begitu selendangnya ketemu langsung kabur trs maen ninggalin anaknya gitu, anak ga keurus pergaulan jadi ga kekontrol jadi nakal dan binal wkwkwkwkk..
3. Sama kaya kisah cinta si bandung dan loro, memang lagi2 cinta tak bisa dipaksakan, klo emang ud ga mao mah mending bilang diawal, jadi ga sama2 repot, kesian pihak2 yang dirugikan..

Nah kira2 itu lah beberapa sekelumit kisah dongeng di Indonesia, so lo masi mau menceritakan dongeng2 indonesia ke anak lo yg masi kecil?? pembentukan karakter melalui dongeng kyk diatas?? think twice..

Thank to: 
http://www.eswete.com
http://perkasamandiri2.wordpress.com
http://bumisholawat.blogspot.sg
For the Pic.

Jan 29, 2012

Support our local dive industry

Kali ini saya tidak akan bercerita gimana bagusnya dive trip terakhir saya di pulau Komodo coz everyone know it (it such a wasting time to tell everybody how's the amazing of Comodo island). Saya akan mencoba bercerita tentang local people yang  menjalankan business dive center dimana masih sangat sedikit orang lokal yang mau terjun ke business ini.
Condo Subagyo, adalah salah satu orang asli Indonesia yang menjalankan business dive center di pulau Komodo yang sebagian besar business ini diarea ini justru dimiliki atau dijalani oleh orang asing. Saya berkenalan dengan pak Condo karena saya ikut dalam liveaboard dive tripnya dipulau Komodo selama 4 hari 3 malam. Saya terkagum - kagum dengan ceritanya bagaimana dia menjalankan business ini dari awal sekitar tahun 83 yang merupakan dive operator pertama di pulau komodo. Dengan pengalamannya yang telah puluhan tahun dive di spot - spot diarea pulau Komodo, dia dapat bercerita banyak, menganalisa arus dan mengenali posisi setiap dive spot dengan baik sehingga saya dan teman - teman lainnya merasa aman dan nyaman diving dengan pak Condo. Dia sendiri bukan merupakan orang asli Labuan Bajo, tetapi dia sudah mengenal seluk beluk Labuan Bajo dan seluruh ABK yang dia hired merupakan local people dari Labuan Bajo.
                                                        Courtesy: Mr. Gita Dimarsandi

Kisah pak Condo diatas merupakan satu dari sedikit dive operator yang mencoba bertahan dari persaingan dive operator asing yang bahkan sudah mempromosikan dive spot Indonesia keseluruh dunia. Secara statistik memang belum ada yg menjabarkan berapa prosentase kepemilikan pengusaha lokal dibandingkan pengusaha asing dalam business ini, akan tetapi secara kasat mata sangat terlihat dominasi pengusaha asing disetiap prnjuru Indonesia dalam business ini. Sebagai contoh lihat saja apabila saat dive exhibition terbesar seindonesia yg biasa diadakan di Jakarta atau Surabaya, banyak booth2 dive center yang secara langsung dipromosikan oleh orang asing.

Andai saja para enterpreanuer di Indonesia bisa melihat peluang bahwa negeri ini dikepung oleh dive spot - dive spot terbaik didunia yang bisa digarap lebih baik dan lebih mewah dibandingkan sipadan ataupun palau maka bukan tak mungkin dominasi pengusaha asing akan berkurang, dan diving akan lebih terjangkau bagi kita semua.

Then now, I just wanna say to all fellow diver in Indonesia not just only to conserve the natural diversity of our ocean but also to support our local dive operator and give them a chance to develop their business by using their service. And hope someday our local dive operator can promote Indonesia as the heaven for the diver all around the world in international exhibition event.




Aug 28, 2011

Remembering the old memories

Karna besok mo lebaran, ud jadi kebiasaan keluarga gw buat beres2 rumah, dan taun ini gw beres dokumen formal yang sudah dilalui hampir 28 taun ini. mulai dari raport SD sampe Ijazah S2 semua ditata rapi dimasukin ke satu tas yg gampang diambil klo2 gw sudah punya rumah dan keluarga sendiri *Ammiiiiinnnn..
karna akhir2 ini lagi giat2nya cari kerja baru, just in case tiba2 ditanyain kapan masuk SD-kuliah yang kadang kala nanyanya juga ampe detail tanggal bulan dan taun, so gw catet disini aj, biar aksesnya gampang.. secara gene hare jaman serba onlen getoo loh..

SD: SDN Pancoran 01 Pagi
Masuk: 16 Juli 1990 Lulus: 6 Juni 1996

SMP: SLTPN 115 Jakarta
Masuk: 15 Juli 1996 Lulus: 25 May 1999

SMA: SMU 70 Jakarta
Masuk: 19 Juli 1999 Lulus: 21 Juni 2002

S1: Teknik Sipil Universitas Indonesia (040201045X)
Masuk: ...2002 Lulus: 10 Januari 2007

S2: Project Management Universtas Indonesia (0806477491)
Masuk:...2009 Lulus: 14 Januari 2011

edan dah UI masa ga ada info kapan gw masuk?? sampai saat ini gw blom tau kapan tanggal gw masuk dan masih nanya2 ke mbah gugel.. mudah2an ketemu dah

Aug 27, 2011

Photo Reuni SMU 70 2002 Batalyon & Crayon 70

Dear Balatyon & Crayon 70, Our reunion photo can be download at :
http://www.4shared.com/file/8rZIAByR/reuni_to_publish.html

Jun 16, 2011

Wreck Dive Adventure Tulamben

hampir 70 tahun yang lalu, sebuah kapal perang cargo USS tertatih - tatih menuju pelabuhan Singaraja yang akhirnya tenggelam di perairan Tulamben akibat diserang kapal selam Jepang, kini bangkai kapal tersebut menjadi salah satu spot penyelaman terbaik di Bali.
Diving di Bali serunya emang ga ada abisnya. Awalnya sie ga ada tuh rencananya mo diving di Bali, mana duid lagi cekak pula.. tapi demi  menemani seorang teman yang sedang dilanda badai asmara (caahh kek lagu dangdut.. joget apa kitah..) jadi deh dengan sangat terpaksa ngikut dengan perjanjian doi mo bayarin tiket pesawatnya.. yah lumayan lah mana lagi harpitnas gituh pasti tiket pesawat mahal donk. 

Akhirnya setelah tiket pesawat ditangan dengan mencari tiket murah mengoprek-oprek setiap website airline berangkat lah tiga pemuda harapan bangsa ini berlibur ke pulau dewata. Cuma dengan modal baju yang cuma bawa beberapa helai, peta yg dibeli pas mo brangkat, dan uang receh sisa hasil nguli dikantor.  Sampe di Bali, kebiasaan buruk mulai dilakukan, celingak celinguk macem turis mancenegara yg blom tau Bali, trus lanjut ke Kuta nyari hotel murah, emang dasar ga ada planning, baru nyadar klo skrg lg liburan musim panas which is hampir semua bule2 ke Bali buat ngitemin badan.  Jadilah kita tawaf disekitaran kuta-legian buat nyari hotel murah meriah.

Besoknya gw langsung telpon temen gw Sammy yg juga dive instructor, dengan harga pertemanan kita pun langsung brangkat ke dive site di Tulamben. Perjalanan dengan menggunakan mobil ditempuh dalam waktu kurang lebih 2 jam dari Legian. Dengan melewati jalan arteri timur Bali perjalanan ditempuh melewati beberapa bukit sebelum sampai ke Tulamben, pemandangan indah menyambut kita saat hampir tiba di Tulamben, topografi daerah Tulamben yang gersang dan berbatu memberikan kesan tersendiri terhadap daerah ini, sangat unik dan berbeda dari daerah-daerah Bali lainnya yang kebanyakan hijau dan subur.


Sesampainya di Tulamben mata langsung dimanjakan dengan pantai yang juga berbeda dibandingkan pantai lain di Bali, keunikan ini terlihat dari bibir pantainya yang bukan pasir melainkan bebatuan sisa dari lelehan gunung Agung gunung tertinggi di Bali, membuat suara riakan ombak selalu diiringi oleh retakan bunyi batu yang beradu. Salah satu yang menjadi keunikan lain dari dive site ini adalah dengan adanya onggokan bangkai kapal USS Liberty yang digunakan sebagai moda transportasi pasukan amerika saat perang dunia kedua. 

Kapal ini hancur ditorpedo oleh kapal selam Jepang pada bulan Januari 1942 disekitar selat Lombok saat akan berlayar dari Australia menuju Philipina. Untuk menyelamatkan barang yang dibawa, kapal mencoba terus berlayar ke pelabuhan singaraja akan tetapi air yang terus masuk menyebabkan akhirnya kapal tenggelam didaerah Tulamben. Ship wreck spot yang hanya berjarak 30 meter dari bibir pantai membuat dive site ini sangat lah terkenal dibali sehingga tidak memerlukan boat untuk sampai ke dive spot tersebut, cukup berenang dari bibir pantai.

Sesampainya di hotel Purimadha langsung deh kita berganti pakaian dan mempersiapkan dive gear. Sedikit mendengarkan instruksi dari Sammy untuk penyelaman kali ini selanjutnya langsung lanjut nyelem dilaut. Semua dive gear sudah terpasang dipantai dan kita mulai berenang disurface untuk mencapai kedalaman yang diinginkan. Awal penyelaman diarea ini disambut batu koral yang terhampar dengan beberapa ikan kecil disela-sela batuan tersebut. Setelah itu mulai terdapat pasir dengan topografi dalam laut berupa slope dan tidak berapa lama mulai terlihat bangkai kapal yang sudah teronggok selama hampir 70 tahun. 


Dikedalaman sekitar 15 meter gw sempet kagum dengan banyaknya garden eels yang muncul secara malu-malu dan langsung bersembunyi saat didekati. Untungnya visibility lagi bagus-bagusnya yah kira2 bisa sampe 20 meter lah jadi pas gw lihat lihat diatas bisa dilihat kawanan Jack fish yang berputar mengelilingi ship wreck tersebut.  bangkai kapal berada dikedalaman 10 – 28 meter yang terbujur kaku dan sudah terpecah belah. Dibawah buritan kapal gw menemukan dua pasang Lyon fish dan beberapa Parrot fish dan Clown fish yang mendekam di anemone mencari perlindungan.

Penyelaman kami lanjutkan untuk masuk kedalam bangkai kapal. Karena usianya yang sudah lama maka banyak bagian kapal yang sudah sangat rusak dan hancur, tetapi hal ini menjadikan dive spot ini menjadi tempat berkumpulnya ikan dan menjadi media pertumbuhan karang laut. Didalam bangkai kapal tersebut gw bisa menemukan beberapa kepiting dan mantis shrimp yang bersembunyi disela-sela lempengan bangkai kapal.  

Di belakang buritan kapal ada satu ikan Baracuda yang katanya penunggu dive spot ini, banyak orang yang nyelam mengambil foto ikan tersebut, termasuk gw yg ga mo kalah, Cuma gara-gara liat giginya, jadi serem kalo mo foto deket-deket. Udara ditabung pun mulai menipis, sebelum ngos-ngosan gara-gara keabisan udara, kita pun langsung ke safety stop area untuk beradaptasi sebentar dengan tekanan air laut, dan setelah itu langsung naik kepantai kembali.


Satu hal yg bikin saya agak-agak tercengang disini porter disini ibu-ibu strong yang bisa ngangkut tabung dua sampe tiga tabung ditambah alat-alat diving lainnya dalam satu kali angkut. Memang perekonomian didaerah ini sangat bergantung pada tamasya laut dan hampir semua warga di daerah ini berpartisipasi mengembangkan wisata laut didaerah ini menjadi lebih baik, dari hasil pembicaraan gw dengan orang-orang sekitar, di Tulamben, tepatnya di dive spot ini, udah ga boleh lagi ada nelayan yang mancing atau menjaring ikan, jadi didaerah ini udah dijadiin area konservasi.

Seandainya dulu jepang ga perang sama amrik dan kapal selam jepang ga menorpedo kapal ini dan kapal tersebut tidak tenggelam ditempat ini, mungkin Tulamben ga seterkenal saat ini. Walaupun perang merupakan ulah manusia yang merusak bumi tercinta ini, tapi alam punya cara lain bagaimana mengubah sisa perang menjadi suatu yang bermanfaat bagi mahluk hidup lain dan juga manusia itu sendiri. Maka sudah selayaknya kita menjaga alam ini demi kemaslahatan bersama..

Make love not war.. xoxo

Dive With Shark


 
Gili Tepekong; Bali Timur / 10 Februari 2010

Bali memang surga dunia, alasan itulah yang selalu membuat saya selalu rela menghabiskan seluruh cuti saya dari pekerjaan yang melelahkan ditengah keriuhan ibukota. perjalanan kali ini membawa saya ketempat dimana para hiu liar dengan mudah ditemukan pada satu tempat.

Bertempat di Gili Tepekong sebelah timur bali, bersebelahan dengan dive spot yang juga sama terkenalnya yaitu Padangbay. Guide menyelam saya Sammy yang juga merupakan dive instructor mengajak saya ketempat ini, ketempat yang baru pertama kali saya selami. Selain Sammy, ada satu orang yang juga ikut dalam trip kali ini, Marlyn, wisman dari afrika selatan yang sudah menghabiskan satu minggu dive di Bali.

Perjalanan dimulai dari hotel tempat saya menginap di daerah Legian. Paket trip yang ditawarkan sekaligus akomodasi dari hotel ke dive point dan kembali lagi ke hotel sehingga kita tidak perlu susah2 memikirkan akomodasi tapi dengan perjanjian diawal bahwa saya harus stand by jam 7.30 pagi untuk dijemput. Perjalanan menghabiskan waktu sekitar 1,5 jam dari Legian ke Amuk Bay dengan melalui jalan arteri Bali timur melewati pelabuhan Padang Bay.

Sesampainya disana sekitar pukul 9.00 kami langsung mempersiapkan segala dive gear dan guide kami mulai menaikkan tabung yang sudah terpasang BCD ke jukung (perahu kayu tradisional Bali yang biasa digunakan nelayan local untuk memancing ikan) yang sudah stand by dipantai Amuk Bay. Perjalanan dilanjutkan dengan jukung yang bermesin motor tempel sekitar 20 menit untuk sampai di dive spot pertama persis disamping pulau Tepekong.

Dengan kedalaman sekitar 20 – 25 meter dan visibility sampai 15 meter kami pun mulai berkeliling dibawah laut, di spot ini saya banyak sekali menemukan keanekaragaman ikan, dengan tipe karang hard coral reef dan landscape yang landai menjadi tempat berkumpul ikan2.

Tidak hanya kelompok saya saja yang menyelam ditempat ini, ada 1 kelompok selam lagi yang terdiri dari kira2 6 orang yang juga menyelam ditempat ini. kira2 20 menit berlalu sudah mulai tampak beberapa hiu berkeliaran mengeksplorasi tempat ini. Hiu2 tersebut acap kali selalu menghindari para penyelam dan terkesan takut apabila ada penyelam yang mendekati.
 

Beberapa menit kemudian guide saya menunjukan suatu karang cave reef dan ternyata disitulah para hiu tersebut berkumpul. Ada sekitar 7 hiu yang berkumpul digua karang ini saling berdempet-dempetan layaknya penumpang busway di Jakarta. Disekitaran karang tersebut juga terdapat beberapa ikan pari yang mungkin sedang mencari makan atau beristirahat.



Setelah kira2 45 menit kami pun mulai naik ke area safety stop yang berada dikedalaman 3 meter dari permukaan laut, dan menunggu kurang lebih 3 menit untuk naik ke surface dan beristirahat dijukung menunggu surface interval berakhir.

Sambil menunggu surface interval kami pun melanjutkan perjalanan dengan jukung menuju ke tempat dive kedua. Pada dive kedua ini saya diajak ke dive spot Bloo Lagoon bertempat dipinggiran tebing2 Amuk Bay. Kedalaman laut yang kami selami sekitar 15 sampai 20 meter dengan tipe karang soft coral dan sedikit hard coral. tipe permukaannya yang juga landai membuat banyak ikan2 kecil banyak hidup disini.


Ditempat ini lebih didominasi oleh soft coral yang menjadi tempat tinggal dan tempat berlindung ikan-ikan kecil dari dari para predator disekitarnya. Penyelaman kedua dilakukan hampir 55 menit dengan safety stop dikedalaman 3 meter selama 3 menit.


selanjutnya kami naik ke jukung dan kembali kedaratan untuk makan siang yang juga telah disiapkan oleh restoran setempat yang juga merupakan bagian dari paket trip ini dan setelah itu kami kembali kehotel.


Sep 22, 2010

Air Transportation as the Main Infrastructure to Developing Socioeconomic & Security Activities in Indoneisa

It was one of my assignment when i was took a master degree in UI,  btw.. this article is not truly my thought, I also cite from other source and sharing document that already published in others journal. I post in this blog just to hope that someday an open mind and visionary government can see & consider this article and realize that we really need air transportation as the primary infrastructure to support our country and our people to explore their own country.. just hope..

Introduction

Indonesia is one of the largest archipelagos countries in the world that has 17,508 islands. To connecting all this islands need the transportation system that can serve national necessity. We need transportation that not only fast but also can reach all the area to support socioeconomic activities. Therefore the air transportation is the best choice to solve this problem. Because in that vast archipelagos, there are at least 440 Districts/Cities that most of the air transportation needs, particularly in passenger transportation. In this globalization era, aviation transportation becomes the key to Indonesia’s economically improvement to support goods & service movement system in local, regional & international scale.
Aviation transportation in Indonesia is managed by Directorate General of Civil Aviation Ministry of Transportation. They made the regulation for airport management, and airlines service. This directorate has the authority to determine the worthiness of airport and airplane which the stipulated based on research and investigation.

Recent Development

Infrastructure for air transportation divides into 2 segment, airline and airport. Based on PKPS/CASR 121 there are 30 airlines service company that serve in Indonesia. All airlines should be able to meet the requirement of the regulation that government has established. This regulation includes standard requirement, certification process, supervision, and law enforcement. Certification process includes the certification for the organization that run their business in air transportation, the certification for the person who in charge in airlines service, and the certification for aeronautical product.
In airport infrastructure Indonesia has 187 airports which include 7 first class airport, 5 second class airport, 15 third class airports, 14 fourth class airports, 28 fifth class airports and 118 sixth class airports. Based on government regulation in 2008 no. 26 determined that airport as national air transportation nodes divides by 3 spreading centers. 8 airports classified as primary spreading centers, 16 airports classified as secondary spreading centers, and 41 airports classified as tertiary spreading centers. As a member of the International Civil Aviation Organization (ICAO) Indonesia should obey the result from Chicago convention in 1944. Based on Annex 11 Air Traffic Services all member have the obligation to provide guiding air traffic service in their own territory to ensure the safety of air traffic and to prevent all accident in air transportation. Therefore Indonesia has provided 33 airport that equipped for night take off/landing facility and also couples unit for RADAR, instrumentation for landing system, and other equipment for guiding the air transportation system.

The Politic of Aviation Transportation in Indonesia

The developing air transportation can not be separated from socioeconomic, politic, defense and security development as influential strategic environment. Therefore Indonesia has its regulation to protect and developing the air transportation.
In socioeconomic development, the liberalization and globalization has forced government to reduce the retribution, protection, and intervention in air transportation. According to aviation act no. 1 year 2009 clause 84 Indonesian government also applied cabotage act which is every air transportation for commercial matters can only conduct by domestic airlines service company. This clause can protecting national airlines service company from globalization competition with another international airlines service company. However with the existence of ASEAN Open Sky agreement which will be conducted on 2015 forced the national airlines service company to compete with other airlines service company from ASEAN nation. this agreement also forced government to provide adequate facility for air transportation and develop the national airlines service company to be able to compete with other international airlines service company. Government has also launched to open 5 international airport as free airport.
In defense and security development government has also made the regulation in Government Regulation no. 3 year 2001 which in these regulation has been set the safety regulation for the airport, the airline and the personnel who in charge in air transportation. This regulation adopted from the Convention on International Civil Aviation in 1944 at Chicago. In defense development, air transportation is useful as a tool to facilitate the mobilization the national defense and security.
With the strategic geographic position, many flight route pass through Indonesia’s territory. This circumstance can become our advantages also disadvantages. Therefore the air transportation management shall managed centralized and integrated. This concept has proclaimed by Indonesian government to maintaining the territorial integrity of Indonesia.

My Perception about the Sector Development

The challenge that we must face it from air transportation is not only how to fulfill the safety requirement which had determined by ICAO but also how air transportation can develop the area which the airport occur. The additional support facilities such as cargo terminal, road access or train route from city to airport, and integrated city transportation shall provided by government to develop the economic growth in that area.
Developing air transportation in defense and commercial area can not be combined because in commercial area, air transportation development no longer has to be centralized. With the Indonesian territory that stretched wide, the management from central can not cover the comprehensive and sustainable development in rim land area
With the open sky agreement government supposed to find the best system to apply in air transportation system. Hub and feeder one of the way to build the system. The 5 airport that has already proclaimed by government to become the free airport should be the hub airport which can spread the air transportation route to feeder airport.